Situ Tirto Marto Yang Diyakini Bikin Awet Muda

Posted By Wisata Purbalingga on Sunday, 1 February 2015 | 12:08

Situ Tirtomarto
Paguyuban Wisbangga - Situ Tirtomarto adalah sebuah kawasan dengan ratusan sumber air tanah yang terletak di dukuh Telaga, desa Karang Cegak, kecamatan Kutasari, Purbalingga. Salah satu situ yang paling besar bahkan debit air tanahnya mencapai 5000 liter per detik. Warga setempat menamakan kawasan Situ Tirto. Situ yang memiliki air sangat jernih ini dimanfaatkan warga setempat untuk mandi dan keperluan sehari-hari.

Lokasi Situ Tirtomarto sangat strategis dan mudah dijangkau. Dekat dengan Obyek Wisata di Purbalingga yang sudah di kenal lebih dulu yaitu Owabong dan Desa Wisata Karang Banjar. Potensi yang bisa  dikembangkan di Situ Tirtomarto antara lain : Rest Area, Camping Ground, Perikanan dan Kolam Pemancingan.

Menurut warga setempat saat liburan dan hari minggu jumlah pengunjung bisa mencapai 500 orang. Mereka rata-rata  sengaja datang untuk mandi dan membasuh muka. Kunjungan akan lebih banyak lagi pada malam Jum’at Kliwon. Kebanyakan pengunjung justru berasal dari luar kota. Pada malam Jum’at Kliwon, ratusan pengunjung yang kebanyakan dari luar kota sengaja datang ke situ Tirto Marto untuk mandi kungkum (berendam). Mereka meyakini dengan mandi kungkum bisa mendapat berkah yang dicita-citakannya. 

Konon, bagi yang percaya, Situ Tirto Marto diyakini bisa mendatangkan berkah. Ada yang meyakini bisa membuat awet muda. Airnya yang segar dan jernih, dipakai untuk membasuh wajah. Mata air Tirto Marto juga ada yang meyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak yang percaya, mata air Tirto Marto bisa membuat badan sehat dan awet muda.

Blog, Updated at: 12:08
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment