Curug Panyatan

Posted By Wisata Purbalingga on Wednesday, 30 November 2016 | 10:02

Paguyuban Pariwisata Purbalingga - Nama Curug Panyatan memang belum banyak orang dikenal orang khususnya warga Purbalingga sendiri. Terletak di Dusun Bawahan, Desa Gunung Wuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, bersebelahan dengan Desa Wisata Tanalum yang lebih dulu dikenal dengan Negeri Seribu Curug.

Curug Panyatan mempunyai  ketinggian sekitar 35 meter, memiliki air yang sangat jernih. Sungai yang mengalir di Curug Panyatan tidak pernah kering walau musim kemarau sekalipun, karena memiliki sumber mata air yang sangat besar di kaki Gunung Panyatan.

Konon ceritanya sumber mata air yang sangat deras tersebut terbuat karena ketukan tongkat (Eyang Luwung). Dan air yang keluar dan mengalir ke Curug Panyatan tersebut dipercaya bisa membuat awet muda bagi siapa saja yang menggunakannya untuk mandi atau meminumnya.

Ada banyak potensi alam yang menarik untuk dijelajahi disekitar curug panyatan. Di sungai yg mengalir ke Curug Panyatan juga sangat menarik untuk berpetualang susur sungai, tracking ataupun camping. Udara yang sangat sejuk dan keramahan warga setempat menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung kesana. 

Pemandangan sekitar Curug Panyatan ini pun tak kalah mempesona. Serupa dengan Gunung Pucung, kita bisa melihat pemandangan indah pepohonan yang masih menghijau dan kabut yang selalu menyelimuti sekitar gunung.

Akses 
Untuk menuju ke Curug panyatan bisa melalui beberapa akses dan saya rasa akses paling mudah melewati Desa Wisata Tanalum. Sebagai patokan bagi anda yang dari Kota Purbalingga ataupun Pemalang bisa langsung menuju Bobotsari, Dari perempatan Pasar Bobotsari langsung saja ke arah timur melewati Desa Sumampir dan arahkan kendaraan Anda ke Desa Wisata Tanalum arah ke curug nagasari. Sampai ke Dusun Pucungrumbak ada pertigaan kemudian belok ke kanan sekitar 400 meter ke arah timur. Di sini Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar ke mana arah Dusun Bawahan.

Bagi Anda yang dari arah timur apabila menggunakan kendaraan roda 2 Anda dapat melalui jalan alternatif dari Dusun Karangnangka, Gunung Wuled. Tetapi harap berhati-hati karena jalan masih sempit.

Curug Panyatan terletak di Desa Wisata Gunung Wuled RT : 01 RW : 06, Dusun Bawahan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
Untuk menuju Curug Panyatan dari lokasi parkir kendaraan,jalan kaki sekitar 10 menit sampailah anda ke curug panyatan.

Blog, Updated at: 10:02

2 komentar:

  1. trima kasih atas parisipasinya meng eksplor wisata curug panyatn dan skitarya?????

    ReplyDelete