Desa Wisata Siwarak

Profil

1. Pengantar
Asal muasal Desa Siwarak erat kaitannya dengan Obyek Wisata Gualawa dimana di Gua tersebutlah kakak beradik Akhmad dan Mohamad bersembunyi memohon petunjuk pada Tuhan YME karena dalam misinya menyebarkan agama islam di pulau jawa mendapat tantangan hebat dari Pemerintah Kerajaan Majapahit. Seorang panglima telah ditugaskan untuk membendung perkembangannya Agama Islam, yakni Ki Sutaraga yang di dalam tugasnya telah berhasil mematahkan usaha agama Islam, sehingga dalam menghadapi kekuatan Ki Sutaraga ini, Akhmad dan Mohammad terpaksa melarikan diri dan mengganti namanya menjadi Taruno dan Taruni.

Dalam pelariannya Taruno dan Taruni bertemu seorang yang gagah perkasa yang ternyata adalah ki sutaraga, Senopati Majapahit. Sewaktu mereka ditanya oleh Ki Sutaraga, apakah mereka melihat Ahmad dan Mohammad, maka dengan cerdiknya mereka menjawab, bahwa mereka sering melihat Ahmad dan Mohamad. tetapi dua hari yang lalu, kedua orang tersebut telah mati diterkam dan dimakan oleh tiga ekor harimau. Keesokan harinya ki sutaraga memberitahu ke prajuritnya kalau orang yang mereka cari telah mati, maka bersorak soraklah pasukan kerajaan Majapahit. Hal ini terdengar ke pengikut setia Akhmad dan Mohamad sehingga mereka ingin menuntut balas dan langsung menemui Ki Sutaraga, senopati yang sakti pilih tanding itu, dengan lantangnya Bangas dan Bagis menantang Ki Sutaraga untuk berperang tanding. Melihat gelagat yang tidak baik itu, Ki Sutaraga hanya bertolak pinggang, sambil berkata dengan suara gemuruh bergulung-gulung : Hai, kamu Bangas dan Bangis ! kamu berdua adalah manusia-manusia yang tak tau diri, tingkah laku mu seperti binatang saja layaknya".

Demikianlah, karena kesaktian ucapan Ki Sutaraga, dengan mendadak sontak, Bangas dan Bangis berubah sipat dan wujudnya menjadi dua ekor binatang badak (jawa : warak) melihat kejadian itu para prajurit berteriak-teriak : "Warak......warak. Akhirnya setelah ki Sutaraga di liputi oleh ketenangan, prajurit prajurinya berteriak-teriak itu di kumpulkan, sambil diminta untuk menyaksikan ucapannya, yakni : "hai prajurit-prajurit semua, dengar dan saksikan. karena peristiwa yang menimpa kedua orang itu, yakni bangas dan bangis, yang karena ulahnya sendiri telah berubah menjadi warak, maka supaya kalianlah yang menjadi saksi. dihari kemudian bila hutan ini dapat tumbuh menjadi pedesaan, maka desa tersebut aku beri nama Desa Siwarak.

Fasilitas Wisata

1. Daya tarik Wisata
Desa Siwarak adalah desa yang menawarkan keindahan alam dengan nuansa perbukitan yang indah ditambah sejuknya udara akan membuat Anda betah berlama lama disini. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pertanian dan perkebunan Desa Siwarak adalah pilihan yang tepat. Obyek Wisata Goalawa adalah sarana pendukung yang mampu menjadi daya tarik tersendiri dengan Wisata Minat Khususnya yaitu berpetualang di Gua Lorong Kereta. Sebagai sarana pendukung lainnya adalah Agro Wisata Nanas yang bisa dijadikan oleh-oleh selama berkunjung di desa ini.

  1. Upacara Adat
Upacara adat dilakukan satu tahun sekali di bulan sura dimana dalam upacara tersebut dilakukan arak -arakan keliling kampung dengan membawa hasil bumi. Rangkaian acara upacara adat, antara lain :
     a. Ruwat Bumi
Ruwatan bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris yang sampai saat ini masih di Desa Siwarak. Ruwatan berasal dari kata rawat atau merawat artinya mengumpulkan atau merawat yaitu mengumpulkan seluruh masyarakat kampung serta mengumpulkan semua hasil bumi, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Upacara Ruwatan Bumi ini dilaksanakan sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan YME atas keberhasilan hasil panen pertanian dan sebagai tolak bala serta ungkapan penghormatan terhadap nenek moyang mereka yang telah berjasa meningkatkann taraf hidup di Desa Siwarak .
     b. Pagelaran Wayang Gole
Pementasan wayang golek dilakukan setelah arak-arakan keliling kampung selesai. Sebelum hasil panen yang di buat semacam gunungan diperebutkan masyarakat akan di beri doa terlebih dahulu oleh sang dalang.

  2. Sambatan
Sambatan merupakan kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama oleh warga desa dalam rangka memperbaiki rumah salah satu warganya. Aspek kegotong royongan serta semangat solidaritas sangat kental dalam tradisi ini.

  3. Kesenian Tradisional
a. Kuda Lumping
b. Tek-Tek (Kentongan)
c. Genjring

  4. Makanan Tradisional
Layaknya daerah pegunungan lainnya, untuk makanan tradisional di Desa Siwarak adalah nasi Jagung, Lalapan + Sambel bakar. Untuk oleh-oleh khas desa siwarak adalah buah nanas,manisan pepaya dan manisan cermai.

  5. Sarana Akomodasi
Bagi wisatawan yang ingin mengunjugi desa Siwarak, tersedia sarana akomodasi berupa homestay yang dapat dipergunakan sebagai tempat bermalam. Untuk informasi tarif dan fasilitas, silakan lihat bagian paket wisata atau dapat langsung menghubungi contact person kami. Di bawah ini adalah data penduduk yang menyediakan kamar pondokan di Desa Siwarak :
   
No
Nama
Jumlah Kamar
Alamat
Fasilitas
1
Marmiatun
4
Komplek Gualawa Rt 01/07
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tungku Perapian,
Tempat Parkir
2
Waheri
2
Komplek Gualawa Rt 01/07
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Tempat Parkir
3
Watim
2
Komplek Gualawa Rt 01/07
Tempat Tidur, Kamar Mandi
4
Sutar
1
Sidadadi Rt 02/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat
5
Waryono
1
Sidadadi Rt 02/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi,
Air Hangat, Tempat Parkir
6
Misroni
1
Sidadadi Rt 01/02
Tempat Tidur,Kamar Mandi, Air Hangat
7
Slamet Misro
1
Sidadadi Rt 03/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tempat Parkir
8
Nanang Kosim
1
Sidadadi Rt 03/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Tempat Parkir
9
Suwardi
1
Sidadadi Rt 03/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Tempat Parkir
10
Kardi Suparno
2
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi,
Air Hangat, Tungku Perapian
11
Sukardi
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tempat Parkir
12
Mursanom
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tempat Parkir
13
Watir
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tempat Parkir
14
Rasim
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat,
15
Tohir
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, Air Hangat, Tempat Parkir
16
Rawan
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi,
17
Riswan
1
Sidadadi Rt 05/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi,
18
Losmen Pondok Biru
11
Gualawa Rt 01/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi
19
Losmen Semi Asih
9
Gualawa Rt 01/02
Tempat Tidur, Kamar Mandi, TV
20
Losmen Cemara
16
Gualawa Rt 01/07
Tempat Tidur, Kamar Mandi, TV

 

PAKET WISATA

1. Hiking
Puaskan hasrat berpetualang Anda dengan melakukan petualangan disini.Pilihan dari menjelajahi hutan, kebun nanas, perbukitan dengan hiking .Tidak ada akhir dalam petualangan alam yang Anda bisa dapatkan disini. Mulailah jelajahi begitu banyak ekowisata mempesona di negeri kita. Ayo berpetualang di Desa Siwarak dan rasakan keajaiban alam yang megah dan tidak akan pernah Anda lupakan.
HargaPaket : Rp. 50.000,-/org (Minimal 10 org)
Lokasi         : Desa Wisata Siwarak( Gn Kelir, Puncak Njelir, Watu Gede, Sima, Mersil)
Fasilitas      : Pemandu, Air Mineral, Makan siang, P3K, Dokumentasi

2. Paket Caving
Caving atau susur gua merupakan salah satu olahraga yg cukup menantang adrenalin.Bagi anda yg mengaku pemberani rasanya saying jika melewatkan petualangan yang satu ini. Variasi lorong cukup kaya, mulai lorong berdiameter lebar, lorong sempit sampai super sempit, medan berair, berlumpur, memanjat, Semua bisa Anda rasakan disini.
HargaPaket :Rp. 100.000,-/Org (Minimal 5 Org)
Lokasi         : Obyek Wisata Gualawa (Gua Lorong Kereta)
Fasilitas      : Guide, Tiket Masuk, Makan Siang, Coffee Break 1x, Helm, Senter, Dokumentasi, P3K + Oksigen

3. Camping Ground.
HargaPaket : Rp. 50.000,-(Minimal 10 org)
Lokasi        : Obyek Wisata Gualawa, Pos II Kelir, Bukit Njelir, Alur Sipetung
Fasilitas     : Tenda Doom, Lokasi, Tiket Masuk, P3K, Welcome Drink

4. Sunrise Trekking
Nikmati sunrise trekking dengan melakukan 2 jam perjalanan kedua tempat yang bisa Anda pilih, yaitu Gn. Kelir dan Puncak Njelir. Nikmati pemandangan yang luar biasa diatas ketinggian Desa Wisata Siwarak.
HargaPaket : Rp. 180.000,-(Minimal 5 org)
Lokasi         : Gn Kelir dan Puncak Njelir
Fasilitas      : Porter, Tenda (Dome), Matras, Peralatan Masak, Carrier, Makan 2x, Dokumentasi, P3K

5. Paket Outbound
HargaPaket : Rp.150.000,-/org
Lokasi         : Obyek Wisata Gualawa, Rest Area Alur Sipetung
Fasilitas      : Game Outbound, Flying Fox, Fasilitator, Makan Siang, Coffee Break 1x, Banner, P3K, Foto
Dokumentasi, Tiket Masuk. ( Untuk flying fox ada 2 lokasi, bias di pilih utk flying fox sepanjang 150 mtr atau yg 70 mtr.

6. Paket Dolli
Paket Wisata Petualangan di Purbalingga yang ditawarkan Desa Wisata Siwarak.
Dolli (Dolan Kali) merupakan paket wisata minat khusus yang menyuguhkan keindahan alam & petualangan seru dengan menyusuri sungai dan tebing di sekitaran perbukitan Desa Wisata Siwarak.
Dari trek dan harga paket wisata bervariasi tergantung permintaan wisatawan. Disini wisatawan juga tak harus turun tebing. Bagi yang tak bernyali menuruni tebing/curug atau istilah kerennya canyoning. Wisatawan bisa mlipir lewat pinggir sungai untuk bisa mencapai bawah curug. Untuk trip panjang penyusuran di mulai dari kali complang, turbin, curug lawang. Total waktu yang dibutuhkan selama penyusuran mencapai 5 - 6 jam. Untuk trip sedang total waktu yang di butuhkan 3 - 4 jam. Selama susur sungai Wisatawan diajak melihat Empat curug dalam satu rute perjalanan.
HargaPaket : 1. Rp. 150.000,-/org + Canyoning + Makan 1x
                       2. Rp. 50.000,-/org Tanpa Canyoning
Lokasi         :  Selatan Rest Area Alur Sipetung
Fasilitas      : Pemandu, Peralatan turun tebing, coffe break 1x, Dokumentasi, P3K

7. Paket Homestay
Bagi Anda yang ingin tinggal beberapa saat di DesaSiwarak ,ingin merasakan keramah tamahan penduduk dan berkenan berbaur bersama mereka dengan menginap di homestay milik penduduk. Anda akan merasakan memiliki keluarga baru.

8. Paket Dewa Siwa
Paket Dewa Siwa adalah paket menginap 2 hari 1 malam dengan melakukan kegiatan di Desa Siwarak.

Hari Pertama
Setibanya di Obyek Wisata Gualawa kita lakukan pembagian Homestay di sekitaran Obyek Wisata Gualawa.
Kegiatan awal kita lakukan di Obyek Wisata Gualawa dengan menyusuri gualawa , melihat keunikan yang ada di dalam gua. Selesai menyusuri gualawa makan siang dilanjut dengan kegiatan kedua yaitu caving di gua lorong kereta. Lama penjelajahan di Gua Lorong Kereta 2 – 3 jam. Untuk penjelajahan di Gua Lorong Kereta ada 2 Gua yang bisa kita jelajahi. Gua pertama adalah Gua yang penuh tantangan dimana wisatawan akan di ajak memasuki lorong yang sempit ada juga yang harus naik ke dinding gua. Selesai penjelajahan pertama coffee break di lanjut untuk penjelajahan Gua yang kedua. Selesai kegiatan pulang ke homestay dilanjut makan malam & istirahat.
Bagi wisatawan yang ingin menikmati dan melihat lihat pemandangan malam kota Purbalingga bisa kita antar Cuma2 ke Gardu Pandang Alur Sipetung sebelum istirahat di Homestay.
Hari Kedua
Jam 5 pagi kita ajak wisatawan ke Gardu Pandang Alur Sipetung untuk melihat sunrise sambil ngopi ngopi ditemani makanan kecil khas Desa Siwarak, dilanjut dengan sarapan pagi dan uji adrenalin dengan meluncur di Flying fox yang saat ini terpanjang di Kota Purbalingga. Selesai flying fox kegiatan dilanjut dengan susur sungai di sekitaran perbukitan yang ada di selatan alur sipetung hingga selesai dan kembali ke Homestay untuk berkemas.
Harga Paket : Rp. = Rp. 320.000,-
FASILITAS:
• Guide
• Peralatan Caving & susur sungai
• Makan 3x
• Coffe break 2x
• Tiket Masuk Obyek Wisata
• Air Mineral
• Dokumentasi

Paket Blank
Paket Blank adalah Paket kesepakatan atau sesuai kesepakatan atas permintaan wisatawan . Semua biaya menyesuaikan kondisi dan Paket yang dipilih. Paket Blank biasanya untuk wisatawan yang akan tinggal beberapa hari di Desa Wisata Siwarak.

Catatan.
Harga sewaktu-waktu dapat berubah!!!
Perincian/perhitungan biaya akan disampaikan kemudian setelah konsolidasi dengan klien terlaksana. Semua biaya menyesuaikan kondisi dan paket yang dipilih.

Hubungi Kami
Sekretariat Pokdarwis Lawa Mandiri
Jln Raya Gualawa Km 3
Komplek Obyek Wisata Gualawa Rt 01/07
Contact Person :
No Hp       : 0813 2700 0072/0878 3700 0869
IG             : @desawisata.siwarak
GALERI

Alur Sipetung alur sipetung Bukit Njelir Caving Gua Lorong Kereta susur gua caving camping camping ground camping sunrise golden sunrise bukit njelir outbound paket outbound outbound susur sungai negeri seribu curug curug di purbalingga flying fox terpanjang wisata alam flying fox tertinggi
Blog, Updated at: 00:45
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment